Ciri Khas Makanan Timur Tengah

Seperti kita ketahui bahwa Wilayah Timur Tengah sangatlah luas dan memiliki beberapa negara, bahasa, budaya dan kebiasaan yang berbeda. Namun dari perbedaan tersebut, terdapat beberapa persamaan yang mendasar khususnya pada Makanan mereka. Perbedaan dan persamaan pada makanan Timur Tengah terbentuk dari ketersedian bahan baku pada suatu wilayah.
Negara negara berikut adalah termasuk bagian dari Timur Tengah, yaitu Algeria, Bahrain, Mesir , Iraq, Iran, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Tunisia, Turki, Emirate, dan Yaman.

CIRI KHAS BAHAN BAKU MAKANAN TIMUR TENGAH

  • Kacang Kacangan tertentu seperti Buncis, Lentil, Pistachio, dan sebaginya menjadi dominasi utama pada Makanan Arab.
  • Zaitun menjadi buah penting yang disukai semua orang Arab.
  • Kebab atau daging yang ditusuk dan dipanggang sangat populer di Arab seperti Shawarma, Kufta, Kebab, dan sebagainya. Umumnya makanan Arab menyukai daging Ayam, Kambing dan Sapi.
  • Yogurt dan Keju, menjadi makanan yang sangat disukai bahkan digunakan dalam banyak resep.
  • Babi dan alkohol dilarang di banyak negara Arab karena alasan hukum Agama Islam.
  • Rempah-rempah seperti jintan, kapulaga dan bawang putih sangatlah kental ada hampir disetiap resep makanan. Ketiga Rempah tersebut adalah wajib dan hampir pasti digunakan disemua masakan.
  • Roti Pita merupakan makanan pokok yang digunakan sehari hari, umumnya untuk sandwich.
  • Tahini, merupakan bahan yang sering digunakan dan diolah menjadi pasta/saus seperti hummus ataupun baba ghanous. Saus Tahini dibuat dari Wijen Putih dan diolah sehingga menjadi semacam saus. Tahini juga biasa digunakan sebagai makanan pembuka dan dikonsumsi menggunakan Roti Pita.
  • Kopi dan Teh yang kental selalu dikonsumsi. Pada umumnya di daerah lain menyukai Teh dan Kopi yang encer atau tidak kental, namun berbeda di Wilayah Arab, mereka menyukai Teh dan Kopi yang kental dengan waktu seduh yang lebih lama serta pemakaian Daun Teh maupun Bubuk Kopi yang lebih banyak sehingga menghasilkan minuman yang kental dan sangat pekat.


Kunjungi pula website kami di www.jadwaldigital.com

Sumber::

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Mandhi Khas Timur Tengah

Makanan Khas Timur Tengah Yang Mendunia